Sabtu, 13 Agustus 2016

Manfaat Tidur Tepat Waktu Untuk Kesehatan

Selamat datang di info kesehatan satelit herbal kami di sini menyemdiakan informasi terbaru tentang manfaat membangun pola hidup sehat salah satunya untuk menjaga tubuh sehingga tetap sehat dan segar terutama Manfaat Tidur Tepat Waktu Untuk Kesehatan. berikut informasinya .
Manfaat Tidur Tepat Waktu Untuk Kesehatan
Tidur pada siang hari sering kali dihadapkan kepada stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru tidur siang dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Fungsi Positif pada Tubuh

Jika Anda berpikir tidur siang hanya bermanfaat untuk bayi, anak-anak, lanjut usia atau yang sedang sakit, maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Tidur siang diklaim dapat memengaruhi tubuh secara positif untuk kesehatan orang dewasa. Berikut ini beberapa manfaat di antaranya:
  • Mengurangi rasa lelah.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Memperbaiki mood.
  • Meningkatkan kinerja, termasuk reaksi yang lebih cepat, daya ingat yang lebih baik, menekan kemungkinan kecelakaan, kesalahan dan kebingungan.
Studi dilakukan untuk membandingkan tiga cara untuk mengatasi kelelahan pada siang hari, yaitu menambah jam tidur malam, tidur siang dan mengonsumsi kafein. Tidur siang merupakan cara yang dianggap paling efektif.

Kapan Tidur Siang Dibutuhkan?

Ada beberapa kondisi yang membuat tidur siang lebih dibutuhkan oleh orang dewasa.
  • Orang dewasa yang cenderung mengalami kurang tidur pada malam hari, misalnya karena harus bekerja dengan jangka waktu yang panjang.
  • Merasa lelah setelah beraktivitas atau rasa mengantuk yang tidak tertahankan.
  • Namun tidak semua orang bisa merasa nyaman saat tidur siang. Sebagian orang merasa jika tidur siang menjadi sulit untuk tidur pada malam hari, sementara sebagian lainnya memang tidak terbiasa tidur siang.
  • Tidur siang memang cara yang efektif sebagai relaksasi dan memulihkan tenaga, tapi sebagian orang dengan kondisi tertentu sebaiknya tidak mempraktekkan tidur siang, misalnya orang-orang dengan kondisi:
  • Sering mengalami gangguan tidur. Tidur siang yang singkat umumnya tidak akan memengaruhi waktu istirahat di malam hari, namun untuk yang mengalami insomnia atau gangguan tidur yang lain, hal ini dapat memperburuk kondisinya.
  • Inersia tidur. Yaitu disorientasi dan rasa pening setelah terbangun dari tidur yang sulit hilang.
Memanfaatkan tidur siang tidak ada salahnya, terutama jika kondisi memungkinkan. Namun jika Anda tiba-tiba mengalami keinginan tidur siang yang lebih kuat dari biasa dan tidak ada alasan khusus yang membuat Anda lelah secara berlebihan, konsultasikan kondisi diri Anda kepada dokter.

Dan dengan memanfaatkan waktu istirahat seperti tidur teratur dan menyempatakan tidur di siang hari juga sangat bermanfaat untuk tubuh dan otak kita salh satunya untuk membuat kita pres dan tetap segar sepanjang hari. 

Hanya itu yang bisa kami sampaikan semoga infomasi yang kami posting bermanfaat terutama untuk anda yang membaca. 

 Manfaat Tidur Tepat Waktu Untuk Kesehatan

Baca Juga Artikel Lainya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar